Pesona Masjid Merah Muda


ISLAMIANA_Masjid Nasir al-Molk di Iran, menjadi salah satu masjid yang memadukan unsur seni, arsitektur dan sejarah peradaban Islam.

Dibangun pada abad ke-19, masjid tersebut juga dikenal sebagai 'Masjid Merah Muda' yang ditunjukkan melalui tampilan tilework berwarna merah muda yang sangat banyak dan mendominasi halaman serta eksterior masjid.

Dikutip dari laman Tehran Times, Selasa (29/5/2018), desain interior Masjid Nasir al-Molk memiliki susunan cermin halus dan stuccowork yang saling terkait dengan desain dan tilework arabesque. Masjid ini juga dihiasi pilar-pilar berukir yang menunjukkan kemegahan polikrom.

Ruangan untuk tempat beribadah tampak sangat cantik saat diterangi sinar matahari yang menerobos masuk secara alami melalui jendela-jendela kaca berukuran sangat besar yang menghiasi bangunan ini.

Masjid ini juga merupakan rumah bagi karpet tambal sulam ala Persia yang dibuat secara manual menggunakan tangan.

Jika anda ingin mengunjungi masjid tersebut, anda harus memilih waktu yang tepat yakni pada jam awal saat sinar matahari berubah menjadi pelangi, meninggalkan efek cahaya yang menakjubkan pada keindahan karpet Persia yang menghiasi lantai masjid.



Bangunan tersebut dibangun setelah Mirza Hasan Ali (Nasir al-Molk), yang merupakan seorang pedagang era Qajar, memerintahkan pembangunan masjid dalam kerjasama eratnya dengan Mohammad Hasan e-Memar dan Nohammad Reza Kashisaz Shirazi, dua orang yang berprofesi sebagai Perancang dan Arsitek.

Shiraz, dalam banyak hal telah mewujudkan kekayaan arsitektur lokasi wisata di Iran, tempat yang memiliki banyak situs agama, budaya, sejarah, dan alam yang memiliki keunikan tersendiri.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Masjid Bernuansa Pink di Iran, Pertemuan Arsitektur, Seni dan Sejarah Islam.

Komentar